Tips Menghilangkan Bau Badan yang Tidak Sedap

Tips cara menghilangkan bau badan tidak sedap alami

Harum tubuh yang menawan, ditunjang dengan penampilan yang menarik menambah rasa percaya diri bagi seseorang, karena merupakan modal utama dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Bau badan adalah salah satu hal yang menyebabkan hilangnya kepercayaan diri seseorang. Jika tubuh bau, meskipun dengan penampilan yang menarik sekalipun, tetap saja menggangu indera penciuman rekan bicaranya.

Apakah sebenarnya penyebab bau badan tak sedap tersebut?  Banyak yang mengatakan bahwa keringat adalah penyebab bau tak sedap. Padahal, keringat tidak berbau. Timbulnya bau badan disebabkan oleh keringat dari kelenjar aprokin (terdapat dibawah ketiak dan organ intim) yang bercampur dengan bakteri lalu mengeluarkan kotoran berupa bahan kimia alami yang baunya tidak sedap. Itulah yang dikenal dengan bau badab.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan bau badan itu? Memang kita tidak bisa mencegah timbulnya keringat, tetapi akar permasalahannya adalah bakteri yang harus segera dibasmi. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tubuh:

  1. Mandi minimal 2 kali sehari
    Fungsi mandi yang utama adalah untuk menghilangkan keringat berlebih, menghilangkan kotoran dan bekteri, membuat tubuh bersih dan segar. Jangan lupa untuk membersihkan dan menggosok daerah-daerah lipatan-lipatan kulit, punggung, sela-sela kaki, yang merupakan pusat pembiakan bakteri.
  2. Gunakan sabun antiseptic
    Selain dapat menghilangkan kuman dan bakteri, sabun ini juga dapat mencegah gatal-gatal pada tubh karena biang keringat
  3. Gunakan deodorant
    Fungsi deodorant untuk menghilangkan bau badan tak sedap anti perspirant untuk meminimalkan produksi keringat berlebih. Sebaiknya jangan gunakan bedak, karena dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam / flek.
  4. Perhatikan asupan makanan
    Hindari makanan yang berbau tajam yang menyebabkan bau menyengat seperti bawang putih, bawang Bombay, makanan pedas dan berminyak. Daun kemangi baik untuk menghilangkan bau badan. Dapat dikonsumsi langsung sebagai lalapan atau diolah untuk campuran pepes. Rebusan air daun sirih juga bagus untuk menghilangkan bau badan.

Dengan melakukan tips diatas, paling tidak Anda sudah dapat meminimalkan timbulnya bau badan. Apabila bau badan tetap setia bertahan ditubuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mencari tahu penyebab yang sebenarnya. Perlu Anda ketahui, bau badan juga merupakan indikasi gangguan fungsi ginjal atau penyakit lain pada tubuh.

Tentang Penulis:

Lana

Lana

Dengan latar belakang pendidikan S1 di bidang teknik namun memilih berkarir di bidang spa. Lebih dari tujuh tahun terjun di dunia Spa, menguasi spa secara teknis dan manajarial. Pernah mengikuti program pendidikan manajemen spa di Mustika Ratu.

NO COMMENTS

Comments are closed.