Serba Serbi Teh untuk Kesehatan

Manfaat teh bagi tubuh

Serba Serbi Teh untuk Kesehatan – Teh memang menyehatkan, apalagi jika ditemani dengan cemilan kue atau gorengan. Tapi banyak juga yang bilang kalo teh ini malah bikin kita susah buang air besar (sembelit), ada juga yang bilang gak baik untuk kesehatan ginjal. Terus mana yang benar nih? Tenang aja, gak usah khawatir. Berikut fakta-fakta manfaat dari teh untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu:

  1. Teh mengandung floride yang mungkin akan membantu memperkuat enamel gigi dan meningkatkan kesehatan gigi.
  2. Kadar kafein pada teh sebanyak 3-5%, Kafein dalam jumlah sedikit akan berpengaruh positif terhadap aktivitas mental dan dapat memperbaiki proses pencernaan pada lambung.
  3. Teh mengandung anti oksidan yakni bahan yang bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, membunuh sel tumor, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.
  4. Teh mengandung asam amino yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi.
  5. Bagi Anda yang menderita anemia, sebaiknya tidak minum teh pada waktu jam-jam makan karena teh mengurangi kemampuan untuk menyerap zat besi.
  6. Mengkonsumsi teh yang kental dan terlalu banyak bisa menimbulkan kekurangan zat besi.
  7. Mereka yang bermasalah dengan sembelit juga sebaiknya tidak meminum teh kental karena asam tanat dalam teh berperan dalam melemahkan penggeliangan saluran usus, artinya, Anda akan makin sulit untuk buang air besar.
  8. Sebaliknya, bagi penderita sering buang air besar(mencret), dapat mengkonsumsi teh kental tanpa gula untuk mengurangi gejala tersebut.
  9. Bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi teh, sebab zat tanin dalam teh dapat bersenyawa dengan zat besi dalam makanan yang dikonsumsi ibu sehingga ada komponen gizi yang tidak dapat diserap oleh tubuh ibu. Sedangkan untuk ibu menyusui terlalu banyak kafein yang masuk dalam tubuh dapat juga terserap pada bayi, yang dapat menyebabkan kejang pada bayi. Selain itu, teh kental juga dapat mempengaruhi pengeluaran ASI menjadi lebih sedikit.
  10. Maksimal mengkonsumsi teh sehari adalah 3-4 hari sekali.

Nah, sekarang sudah jelas serba-serbi teh, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir lagi untuk minum minuman yang mempunyai banyak khasiat ini. Oke, Selamat mencoba.

Tentang Penulis:

Lana

Lana

Dengan latar belakang pendidikan S1 di bidang teknik namun memilih berkarir di bidang spa. Lebih dari tujuh tahun terjun di dunia Spa, menguasi spa secara teknis dan manajarial. Pernah mengikuti program pendidikan manajemen spa di Mustika Ratu.

NO COMMENTS

Comments are closed.