Berwisata sambil berburu buah tangan di Mirota Batik

lokasi Mirota Batik kaliurang

Mirota Batik adalah salah satu daerah wisata terkenal yang berada di Yogyakarta. Tidak hanya Mirota Batik, ada banyak tempat wisata terkenal yang ada di Yogyakarta, sebut saja Candi Borobudur, Pantai Parangtritis, Malioboro, dan tempat-tempat terkenal lainnya. Jika Anda tertarik untuk berwisata ke tempat yang letaknya dekat dengan pusat kota Yogyakarta, maka tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi tempat batik yang satu ini yaitu Mirota Batik. Untuk Anda yang menginap di kawasan Prawirotaman, Anda bisa menempuh lokasi Mirota Batik dengan menggunakan becak, ongkosnya cukup dengan Rp 20.000 saja.

Namun jika Anda memutuskan untuk menggunakan becak untuk sampai ke lokasi Mirota Batik, maka sebaiknya Anda tidak usah terburu-buru didalam perjalanannya. Ada banyak pemandangan menarik yang bisa Anda saksikan, bahkan bukan tidak mungkin jika Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat yang Anda lewati selama perjalanan menuju lokasi yang dituju. Seperti contoh, ketika Anda melewati Jl. Brigjen Katamso dan sampai ke perempatan tempat belokan pasar Beringharjo, Anda bisa menemui pedagang yang menjual bunga-bunga cantik. Apabila sudah cukup puas berwisata bunga, barulah Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Mirota Batik.

Dua tempat Mirota Batik

Bagi Anda yang baru mengunjungi Mirota Batik, jangan heran jika Anda menemukan dua tempat Mirota yaitu berlokasi di Mirota Batik Kaliurang dan Mirota Batik Malioboro. Untuk lokasi Mirota Batik Malioboro, Anda bisa berkunjung ke Jl. Jenderal A. Yani nomor 9. Mirota Batik merupakan salah satu pusat wisata yang cukup digemari sejak lama. Disana Anda bisa membeli berbagai jenis suvenir untuk oleh-oleh seperti batik atau berbagai jenis makanan khas Yogya sehingga Anda tidak perlu lagi mencari tempat oleh-oleh lainnya. Mirota Batik adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk berbelanja sekaligus membeli oleh-oleh disatu tempat sekaligus.

Ketika Anda masuk kedalam Mirota Batik, Anda akan disambut oleh laki-laki yang memakai baju batik lengkap dan perempuan sepuh yang memakai baju kebaya beserta kainnya. Selama disana, Anda akan mendengar alunan gending beserta bau khas dupa yang identik dengan Yogyakarta. Disebelah kanan dari pintu masuk, Anda bisa menitipkan barang-barang yang dirasa mengganggu selama Anda berkunjung. Anda juga bisa dengan leluasa mengunjungi dan melihat-lihat foto Sultan Hamengku Buwono IX dan Sultan Hamengku Buwono X beserta dengan Sang Ratu yang bernama Ratu Hemas. Adanya tulisan “COPET DILARANG MASUK” juga menjadi ciri khas dari tempat ini.

Pakaian batik

Mirota Batik memiliki dua lantai, lantai pertama menjual berbagai jenis pakaian batik untuk berbagai jenis kelamin dan usia. Tidak hanya pakaian batik, Anda juga bisa menemukan suvenir lain seperti selimut, sarung bantal, taplak meja, korden jendela, dan dasi batik. Tidak hanya itu, disini juga menjuakl barang-barang lain seperti lulur mandi, bedak, teh, secang, bajigur, dan sebagainya. Harganya juga tidak mahal, mulai dari Rp 2.500 sampai dengan Rp 200.000. Semua yang dijual disini adalah barang-barang dengan kualitas premium dan anti luntur.

Hiasan untuk suvenir

Sedangkan di lantai dua, Anda bisa melihat berbagai jenis hiasan dari sepeda-sepeda kuno yang dipajang dengan cara diikat. Belum lagi benda-benda unik khas Nusantara lainnya seperti wayang kulit, wayang golek, patung mini, lukisan batik, patung taman, hiasan kaca, miniatur kapal pinisi, topeng, dan sebagainya dengan harga terjangkau.

Kredit gambar: adeknakemal

Tentang Penulis:

Lana

Lana

Dengan latar belakang pendidikan S1 di bidang teknik namun memilih berkarir di bidang spa. Lebih dari tujuh tahun terjun di dunia Spa, menguasi spa secara teknis dan manajarial. Pernah mengikuti program pendidikan manajemen spa di Mustika Ratu.

NO COMMENTS

Comments are closed.